Cara Mengatur Alamat Email Default di cPanel

Default address yang merupakan salah satu fitur cPanel memiliki fungsi atau kegunaan untuk menerima email yang dikirim ke alamat yang tidak valid. Contoh; Anda memiliki email baru, sementara teman atau client Anda masih mengirimkan email kealamat email lama Anda yang sudah tidak Valid maka dengan fitur Default Address email tersebut akan di teruskan dan dikirim ke alamat email baru yang sudah Anda tentukan (apa bila ingin menyimpannya terlebih dahulu untuk di check) atau bisa juga dihapus secara langsung dari server dengan pesan error.

Bagaimana cara mengatur alamat default email di cPanel tersebut? untuk memudahkan Anda yang masih baru menggunakan cPanel, disini kami akan mencoba untuk membantu memberikan langkah-langkah untuk mengatur alamat email default Anda menggunakan fitur default Address cPanel. Langkah ini bisa dilakukan setelah Anda berhasil login pada cPanel Yang Anda miliki.

Step-1: Pilih Icon Default Address Pada Halaman Utama cPanel

Setelah Anda berhasil login dalam account cPanel Anda, pada kolom EMAIL, Anda bisa klik icon "Default Address" seperti pada gambar dibawah.

Cara Mengatur Alamat Email Default di 

cPanel

Step-2: Setting Default email

Setelah klik icon default Address diatas, Anda bisa mulai melakukan setting default email yang disesuaikan dengan keinginkan Anda, ingin di forward ke email valid yang sudah Anda tentukan Atau bisa juga langsung di hapus dari server dengan notifikasi Error sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Mengatur Alamat Email Default di 

cPanel

Step-3: Klik tombol Change

Setelah settingan selesai, dengan pengaturan yang disesuaikan dengan keinginan Anda, yang perlu Anda lakukan selanjutnya tinggal klik tombol change. Setelah Anda klik tombol tersebut maka, pengaturan alamat email pada cPanel Anda sudah selesai.

Cara Mengatur Alamat Email Default di 

cPanel

Dengan menggunakan fitur default address pada cPanel akan memberikan kemudahan untuk Anda dalam mengatur atau memanage email yang masuk melalui website Anda, terlebih bila Anda melakukan perubahan email atau membuat email baru yang belum sempat di sosialisasikan sehingga client atau teman Anda masih mengirimkan email ke alamat email lama anda. Dengan fitur ini, alamat email yang sudah tidak valid bisa tetap menerima email yang akan di forward langsung ke email yang Anda tuju pada settingan default address Anda. Semoga cara mengatur email default di cPanel di atas bisa bermanfaat, khususnya untuk Anda yang baru-baru ini menggunakan cPanel atau pemula.


Best Regards,
Distributor Hosting

  • 125 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Cara Membuat SubDomain

Apa itu SubDomain? Sub-domain merupakan salah satu bagian dari nama domain utama/induk. Cara...

Penyebab Website Tidak Dapat Diakses

Ada banyak sekali faktor penyebab website tidak dapat diakses. Baik itu diakses pada semua...

Cara Membuat Addon Domain

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi perihal Cara Membuat Addon Domain, ada baiknya kita...

Cara Backup Data Hosting

Tutorial kali ini akan membahas tentang Cara Backup Data Hosting di cPanel. Membackup data sebuah...

Cara Membuat Name Server Sendiri

Tutorial kali ini tentang Cara Membuat Name Server menggunakan domain sendiri melalui kotrol...