Cara Membuat SubDomain

Apa itu SubDomain? Sub-domain merupakan salah satu bagian dari nama domain utama/induk. Cara membuat SubDomain juga bisa terbilang mudah bila di cPanel, akan tetapi mari kita kupas dulu secara umum penjelasannya. Pada umumnya sebuah subDomain mengarah pada address fisik suatu website, contohnya web-Anda.com merupakan domain induk/utama maka admin-web-Anda.com adalah sebuah SubDomain.

Dalam peletakannya SubDomain biasanya ditaruh pada depan nama domain induk yang biasa dipisah dengan titik (./dot). SubDomain ini adalah bentuk dari third level domain (domain level 3) dan dipergunakan dalam mengatur isi sebuah website, perbedaan terjadi pada subDomain dengan park domain, sebagai gambaranya sebagai berikut ini:

  1. (.com) merupakan TLD (Top Level Domain)
  2. (domain-Anda) merupakan domain dengan level 2 *kedua*
  3. Sedang admin, blog, mail merupakan domain tingkat yang ketiga

 

Fungsi Dari SubDomain

Dengan menggunakan SubDomain, sebuah situs bisa membuat page khusus dalam menjelaskan isi khusus secara terpisah dengan domain induk akan tetapi biasanya isi dari subDomain masih berhubungan dengan domain induk. Sebagai contoh kongkritnya adalah bila Anda memiliki subDomain blog.namadomain-Anda hanyalah berisi seputar informasi yang tentunya berhubungan dengan blog. Mail.namadomain_anda hanyalah berisi mengenai informasi khusus kontak atau emai Anda.

Bila saatnya nanti Anda membuka sebuah situs website berbasis bisnis, dan ingin membagikan space dengan para anggota bisnis Anda, maka Anda bisa menggunakan SubDomain ini untuk dibagikan kepada rekan Anda dengan otoritas masing-masing yang berbeda, selain itu juga dengan passoword serta username berbeda satu sama lainnya. Email yang akan didapatkan juga bisa diatur secara terpisah, semisalnya email untuk admin maka akan langsung diterima oleh nama@admin.domain-indukAnda.com, bisa juga untuk yang diperuntukan admin SubDomain Anda, maka langsung masuk ke namaAdmin@blog.domain-indukAnda.com. Bisa juga membantu mengingat nama domain Anda yang terlalu panjang akibat salah bikin misalnya.


Nah, lalu selanjutnya bagaimana Cara Membuat SubDomain di cPanel dengan mudah dan cepat?

Cara Membuat SubDomain di cPanel

1. Login ke cPanel terlebih dahulu dengan cara berikut ini:

  • Login ke dalam cPanel atau masuk cPanel dengan mengetik http://namadomain.com/cpanel atau bisa juga dengan mengetik http://namaDomain-Anda.com:2082, hingga muncul tampilan login
  • Login dengan memasukkan username dan password Anda.


2. Selanjutnya pilih menu (ikon) dengan keterangan SubDomain pada bagian Domain di cPanel, biarkan prosesing dan Anda akan dialihkan pada halaman baru.

Cara Membuat SubDomain

3. Setelah Anda dialihkan, Anda akan diperlihatkan halaman dengan keterangan SubDomain. Lalu selanjutnya silahkan isi pada bagian-bagian kolom yang kosong.
4. Isi pada colom SubDomain dengan nama baru yang akan Anda gunakan *contoh : subdomainbaru*, lalu nama-domainAnda.com (pastikan semua tercentang secara auto berwarna hijau, itu menandakan sudah berhasil/tersedia).

Cara Membuat SubDomain

5. Pada kolom Document Root arahkan dan tentukan dimana folder yang digunakan untuk menyimpan file-file SubDomain tersebut.
6. Klik *Create*

Cara Membuat SubDomain

 7. Bila semuanya tahap dari pertama hingga terakhir selesai dengan lancar maka Anda akan dialihkan pada halaman konfirmasi (berisi konfirmasi bahwa SubDomain Craetion) artinya SubDomain telah berhasil dibuat. Klik –Go Back- dan Anda akan melihat konfirmasi kembali pada bagian bawah dengan keterangan tentang SubDomain baru tadi.

 

Sedikit info tambahan bahwa pada kolom modify a SubDomain berisikan informasi seperti ini :

  1. Subdomains RootDomain yakni nama dari subdomain yang pernah Anda buat
  2. Document Root yakni memperlihatkan letak folder yang ada pada server
  3. Redirection yakni memperlihatkan adanya link pengalihan
  4. Action : Manage Redirection yakni untuk mengatur pengalihan subdomain, Remove yakni untuk menghapus subdomain


Demikianlah Cara Membuat SubDomain di cPanel dengan mudah, semoga bermanfaat bagi Anda.


Best Regards,
Distributor Hosting

Was this answer helpful?

 Print this Article

Also Read

Cara Membuat FTP Account di cPanel

Saat ini banyak orang yang sudah mulai mengenal dengan namanya web, namun tidak semua orang mampu...

Cara Membuat Database Mysql di cPanel

Database adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah website, bagaimana tidak? Semua data...

Cara Membuat Addon Domain

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi perihal Cara Membuat Addon Domain, ada baiknya kita...

Cara Membuat Redirect Domain dengan Htaccess

Pada pembahasan kali ini, mengenai Cara Membuat Redirect Domain atau website. Pembuatan Redirect...

Cara Membuat Aliases Domain atau Parked Domain

Parked Domain atau juga dikenal luas dalam dunia Web Hosting sebagai Aliases Domains, Parked...