Cara Membuat Addon Domain

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi perihal Cara Membuat Addon Domain, ada baiknya kita mengingat sedikit tentang apa itu Addon Domain. Add – on Domain merupakan domain yang diarahkan menuju ke sub-directory (domain baru yang telah diletakkan pada domain utama) dalam sebuah website. Sebagai perumpamaan, dalam sebuah alamat website bila Anda ingin mendownload sebuah file, maka kita akan diarahkan pada sebuah sub-directory, yang dimana dalam sub directory tersebut kita mengambil file yang diletakkan dalam sub-directory tersebut, ini adalah gambaran mudahnya.


Lalu, apakah kita bisa membuat Addon Domain sendiri? Bagaimana caranya? Untuk itu, selanjutnya mari kita kupas tuntas bagaimana Cara Membuat Addon Domain di cPanel. Fitur Addon Domain memberikan kemudahan untuk Anda dalam meng- host domain kedua (tambahan) dari akun yang Anda miliki. Nah,berikut ini adalah tutorial lengkapnya.

 

1. Silahkan masuk ke halaman cPanel Anda, lalu piliih menu Addon Domain dalam fitur Menu Domain, lihat gambar dibawah ini:

Cara Membuat Addon Domain

2. Selanjutnya, akan muncul page baru dengan beberapa keterangan. Pada kolom isian, silahkan isi semua yang kosong dan dibutuhkan untuk membuat Addon Domain.

Cara Membuat Addon Domain

Sebagai penjelasan lihat gambar dibawah ini:

  • New Domain Name (Nama Domain yang Baru)
  • Subdomain/FTp Username (isi dengan yang Anda inginkan)
  • Document Root (satu ini untuk penyimpanan data  Anda)
  • Password (isi sesuai keinginan Anda *usahakan lebih 6 digit lebih), dibawahnya juga ada menu pengukur kekuatan atau tingkat keamanan password, biasanya dalam membuat password Addon Domain dibuat dengan tingkatan hingga hijau/kuat.
  • Password (Again) *pengulangan password baru* hal ini untuk membuat langkah konfirmasi manual terhadap password, sebagai bentuk tingkat keamanan password.
  • Bila sudah semua silahkan klik *Add Domain* nanti akan diarahkan menuju page baru.

 

3. Bila Cara Membuat Addon Domain Nomer 2 sudah semuanya Anda lakukan, maka Anda akan dialihkan pada page baru untuk konfirmasi bahwa Addon sudah dibuat. Lihat gambar di bawah ini:

Cara Membuat Addon Domain


Bila sudah selesai dan sukses dalam membuat Addon Domain maka akan muncul pemberitahuan “Addon Domain Addition has been created”.Dari sini Anda juga bisa langsung menuju menu untuk mengatur file di file manager, namun bisa juga langsung pilih menu kembali.

4. Selanjutnya silahkan pilih [Go Back]

5. Anda akan dikembalikan pada layar pembuatan Domain, scrool kebawah [lihat kotak merah] bila ada kolom yang berisikan Addon Domain tersebut maka Addon Domain Anda sudah jadi dan siap digunakan.

Dalam kolom tersebut juga terdapat beberapa menu  opsi untuk memudahkan Anda dalam mengatur ulang Addon Domain yang telah dibuat. Selain itu juga admin dapat melakukan modify Addon Domain untuk mengubah acsess document root, Anda juga bisa memanfaatkan menu Action untuk menghapus Addon Domain tersebut, atau bisa juga me-manage redirection nantinya.

 

Bagaiamana, cukup mudah bukan? Bila Anda sudah memiliki website dan ingin membuat Addon Domain, Anda bisa menirukan langkah-langkah diatas. Bila membuat Cara Membuat Addon Domain sudah dikuasai serta dipahami, maka untuk membuat hal lainnya seperti Sub-Domain, Park Domain, Redirect Domain, dan lain-lainnya akan menjadi lebih mudah.

Untuk itu ikuti terus artikel dari kami, supaya Anda bisa memahami dengan benar cara mengurus dan membuat website. Selain itu, tutorial tentang Cara Membuat Addon Domain akan lebih bermanfaat bila Anda menerapkan sesuai yang tertulis dalam tutorial diatas (step by step), Sekian semoga bermanfaat.


Best Regards,
Distributor Hosting

Was this answer helpful?

 Print this Article

Also Read

Cara Membuat Aliases Domain atau Parked Domain

Parked Domain atau juga dikenal luas dalam dunia Web Hosting sebagai Aliases Domains, Parked...

Cara Membuat Name Server Sendiri

Tutorial kali ini tentang Cara Membuat Name Server menggunakan domain sendiri melalui kotrol...

Cara Backup cPanel via FTP Backup Transfer

Banyak para pemilik web yang sering lupa tidak terlalu memperhatikan dalam keamanan data hosting....

Cara Membuat Database Mysql di cPanel

Database adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah website, bagaimana tidak? Semua data...

Cara Membuat Redirect Domain dengan Htaccess

Pada pembahasan kali ini, mengenai Cara Membuat Redirect Domain atau website. Pembuatan Redirect...