Cara Membuat Aliases Domain atau Parked Domain

Parked Domain atau juga dikenal luas dalam dunia Web Hosting sebagai Aliases Domains, Parked Domain merupakan fitur yang memberikan peluang untuk Anda memarkirkan nama domain pada domain utama. Maka setiap kali ada pengunjung yang membuka Parked Domain Anda tersebut, nanti akan secara otomatis melihat menu dan isi dari domain utama. Cara Membuat Parked Domain ini terbilang mudah di cPanel.


Perbedaan Addon Domain dan Parked Domain di dalam cPanel

Perbedaanya dari domain utama dengan Parked Domain serta Addon Domain adalah saat pengaksesan parked domain, akses di Parked Domain bakal menampilkan menu domain/website utama sedangkan bila Addon Domain tidak menampikan halaman utama atau domain utama. Atau bisa juga dikatakan sangat berbeda sebab Addon Domain lebih ke pengalihan domain utama ke domain kedua (link luar).


Nah, bagi Anda yang ingin tahu Cara Membuat Aliases Domain atau Parked Domain dengan mudah di cPanel, Silahkan ikuti tutorial berikut ini.

Tutorial Lengkap Cara Membuat Parked Domain di cPanel

1. Pertama login ke dalam cPanel dengan cara berikut ini:

  • Login ke dalam cPanel atau masuk cPanel dengan mengetik https://namadomain.com/cpanel atau bisa juga dengan mengetik https://namaDomain-Anda.com:2083, hingga muncul tampilan login
  • Login dengan memasukkan username dan password Anda. Berikut salah satu tampilan login cPanel:

Cara Membuat Park Domain


2. Bila Anda sudah masuk pada menu utama/halaman utama cPanel maka lihat secara seksama pada bagian Domains, selanjutnya silahkan pilih/klik gambar ikon dengan keterangan Aliases. Supaya lebih jelas dan jangan sampai salah pilih, silahkan lihat gambar dibawah ini:

Cara Membuat Park Domain


3. Setelah ikon Aliases tersebut Anda klik, maka Anda akan dialihkan pada halaman baru dengan bertuliskan Aliases, dan pada kolom Create a New Parked Domain silahkan diisi dengan nama domain yang Anda inginkan.

Contoh: namadomainanda.com (lihat gambar dibawah ini sebagai penjelas)

Cara Membuat Park Domain


4. Selanjutnya klik Add Domain disamping nama yang baru Anda masukkan tadi.

5. Nah, setelah tahap 1 hingga 4 berhasil, maka Anda akan dialihkan ke halaman baru dengan tampilan yang bertuliskan Adding Parked Domain. Pada step ke 5 ini, bila Cara Membuat Parked Domain sukses hasilnya adalah sebuah notifikasi yang bertuliskan *The parked domain Kamu.com has successfully created for you* dan di bawahnya akan ada tulisan –Go Back-.

6. Sampai pada tahap ini bisa dibilang Pembuatan Parked Domain telah berhasil. Bila nantinya ada kendala pada langkah-langkahnya Anda bisa bertanya pada cs kami, selanjutnya silahkan klik Go Back untuk kembali ke menu cPanel yang utama/pertama.

 

CATATAN PENTING :
“Dalam Cara Membuat Parked Domain, yang bisa memberitahukan sukses atau tidaknya adalah adanya notifikasi pada tahap akhir tersebut, bila tidak muncul konfirmasi tersebut silahkan ulangi lagi langkah-langkahnya mulai dari tahap awal.”

Demikianlah Cara Membuat Aliases Domain atau Parked Domain di cPanel, mudah-mudahan bisa menjadi bermanfaat bagi Anda. Dan jangan lupa sesudahnya Membuat Parked Domain lebih baik diuji coba terlebih dahulu, agar nantinya bisa terlihat bekerja atau tidaknya Parked Domain tersebut pada website milik Anda. Bila Anda mengalami kesulitan tentang memahami Cara Membuat Parked Domain, Anda bisa menghubungi tim support kami, biar dibantu buatkan Parked Domainnya.

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.


Best Regards,
Distributor Hosting

Was this answer helpful?

 Print this Article

Also Read

Cara Membuat SubDomain

Apa itu SubDomain? Sub-domain merupakan salah satu bagian dari nama domain utama/induk. Cara...

Cara Membuat Database Mysql di cPanel

Database adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah website, bagaimana tidak? Semua data...

Cara Backup Data Hosting

Tutorial kali ini akan membahas tentang Cara Backup Data Hosting di cPanel. Membackup data sebuah...

Cara Membuat FTP Account di cPanel

Saat ini banyak orang yang sudah mulai mengenal dengan namanya web, namun tidak semua orang mampu...

Cara Backup cPanel via FTP Backup Transfer

Banyak para pemilik web yang sering lupa tidak terlalu memperhatikan dalam keamanan data hosting....