Cara Membuat FTP Account di cPanel

Saat ini banyak orang yang sudah mulai mengenal dengan namanya web, namun tidak semua orang mampu menjalankan langkah dalam pembuatan website yang mampu berjalan secara online. Maka dari itu Anda yang masih awam terkait proses pembuatannya sebaiknya pantengin terus artikel kali ini. Pasalnya dalam artikel kali ini akan di bahas terkait Cara Membuat FTP Account yang mudah di pahami. Dalam pembuatan web ini tidak hanya melakukan desain dan juga coding script.

Namun yang harus di ingat bagi pemula dimana dalam Cara Membuat FTP Account di butuhkan kesabaran, pasalnya akan membutuhakn proses yang lebih rumit. Banyak factor yang perlu Anda ketahui dan lakukan seperti Membuat FTP Account. Sebelum masuk dalam tahap penjelasan tahapan Cara Membuat FTP Account sebaiknya Anda ketahui fungsi dari FTP Account. Dengan mendaftar dan Membuat FTP Account akan mmudahkan web Anda bakal bekerja secara online dan mudah untuk di akses.

Dalam pembuatan FTP Account ini pastinya akan berkaitan dengan cPanel, namun untuk artikel kali ini akan di bahas tentang Cara Membuat FTP Account di cPanel. Pasalnya cPanel tersebut akan memberikan fitur menu FTP Manager yang memudahkan untuk pengaturan transfer data menggunakan FTP. Nah berikut ini tahapan yang perlu anda ketahui dalam membuat FTP Account.

 

1. Pertama yang Anda lakukan dengan meng-klik link FTP Account yang sudah tersedia pada box Files.

Cara Membuat FTP Account


2. Selanjutnya Anda harus mengisi beberapa form yang ada pada kolom Add FTP Account. Untuk tahap ini Anda harus lebih jeli dengan banyaknya yang harus di input seperti:

  • Anda masukkan username pada kolom yang sudah tersedia di sebelah “Login”, hal ini unuk Account FTP yang masih baru.
  • Anda masukkan Password untuk login yang berada di dekat Username yang sudah anda isi sebelumnya.
  • Anda masukkan path Directory yang masih aktif dan mampu di gunakan untuk Account FTP yang akan di buat. Harus di ingat Anda harus menggunakan tanda / untuk hak akses ke /public_html/, catatan tersebut juga berlaku untuk seluruh subdirectory.
  • Anda klik tulisan Create untuk melakukan pembuatan Account FTP setelah melakukan input.
  • Jika Anda ingin mengganti Password yang sudah ada dengan yang baru, maka anda bisa lakukan dengan klik tulisan Password.


Dengan memahami Cara Membuat FTP Account di cPanel tadi pastinya Anda bakal mudah untuk menjadikan website bekerja secara online. Namun setelah langkah – langkah diatas Anda lanjutkan dengan mengkonfigurasi FileZilla demi memudahkan untuk upload file menggunakan Account FTP yang Anda buat tadi. Untuk tahap ini memang masih cukup gampang dan tidak ribet jika kita sudah tahu bagaimana caranya Membuat FTP Account.

File Zilla tersebut merupakan salah satu koneksi FTP yang membantu pengaktifan account FTP anda tersebut. Saat ini sudah banyak website atau blog yang menyediakan link download FileZilla. Jika sudah Anda install maka selanjutnya buka dan isi kolom yang tersedia di FileZilla tersebut. Untuk pengisian Anda masukkan IP cPanel atau menggunakan nama utama domain. Jika masih belum tahu Anda bisa mengecek IP pada panel statistik di Server Information.

Dengan adanya artikel tentang Cara Membuat FTP Account tersebut akan memudahkan Anda untuk menjalankan website dengan baik. Pasalnya banyak juga yang tidak sabar dengan proses ini karena ribet, namun jika sudah mengetahui caranya akan mudah.


Best Regards,
Distributor Hosting

Was this answer helpful?

 Print this Article

Also Read

Cara Backup Data Hosting

Tutorial kali ini akan membahas tentang Cara Backup Data Hosting di cPanel. Membackup data sebuah...

Cara Membuat Addon Domain

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi perihal Cara Membuat Addon Domain, ada baiknya kita...

Cara Membuat Name Server Sendiri

Tutorial kali ini tentang Cara Membuat Name Server menggunakan domain sendiri melalui kotrol...

Cara Membuat Redirect Domain dengan Htaccess

Pada pembahasan kali ini, mengenai Cara Membuat Redirect Domain atau website. Pembuatan Redirect...

Cara Membuat SubDomain

Apa itu SubDomain? Sub-domain merupakan salah satu bagian dari nama domain utama/induk. Cara...