Cara Backup cPanel via FTP Backup Transfer

Banyak para pemilik web yang sering lupa tidak terlalu memperhatikan dalam keamanan data hosting. Banyak juga yang harus kehilangan data yang sudah terkumpul banyak di dalam web tersebut dan harus mengulanginya lagi. Maka dari itu kita sebelum mengalami hal yang tidak di inginkan sebaiknya anda harus tau manfaat dari Cara Backup cPanel via FTP Backup Transfer. Pasalnya backup cPanel ini sangat penting perannya demi membackup data hosting website kita agar tidak akan hilang jika ada masalah pada server hosting.

Backup cPanel ini memiliki hubungan terhadap FTP Backup Transfer yang berguna untuk keamanan website anda tersebut. Nah yang harus kalian ketahui FTP ini merupakan alat atau sebuah perantara saat anda melakukan upload atau download data yang berhubungan dengan jaringan komputer. Untuk kesempatan ini kita akan membahas keduanya dalam Cara Backup cPanel via FTP Backup Transfer. FTP singkatan dari File Transfer Protocol akan membantu dalam backup cPanel anda.

 

Cara Backup cPanel via FTP Backup Transfer

cPanel yang merupakan salah satu control panel dalam website juga memberikan pilihan backup cPanel menggunakan FTP, cara kerjanya dalam backup ini langsung ditransfer ke FTP server. Nah berikut ini langkah-langkahnya:

 

1. Masuk ke cPanel client dengan menggunakan akun WHM atau bisa juga langsung login ke cPanel Client.

2. Pilih menu File dan masuk ke Backup Wizard.

Cara Backup cPanel via FTP Backup Transfer


3. Setelah masuk di kolom Backup Wizard anda selanjutnya pilih Backup dan dilanjutkan dengan memilih Full Backup.

Cara Backup cPanel via FTP Backup Transfer

 

3. Langkah selanjutnya anda masuk ke Generate a Full Backup. Pada bagian Backup Destination pilih opsi Remote FTP Server.

Cara Backup cPanel via FTP Backup Transfer

 

4. Di bawa dari Backup Destination yang terdapat kolom-kolom yang harus anda isi semua. Adapun kolom yang harus di isi meliputi :

  • Email Address : Masukkan alamat email anda untuk menerima status backup
  • Remote Server : Isi dengan IP Server baru atau yang akan anda buat
  • Remote User : Isi dengan User akun WHM/cPanel Server baru
  • Remote Password : Masukkan password server baru
  • Port : pilih port 21
  • Remote Dir : /

 

5. Klik pada tombol Generate Backup

Jika sudah Anda lakukan seperti tersebut maka file yang sudah Anda backup dengan cara FTP Backup Transfer tersebut akan masuk pada folder home directory. Dengan begitu data hosting website Anda sudah aman jika suatu saat ada masalah seperti hosting error atau adanya virus di website Anda.

Yang harus Anda ketahui juga dimana FTP ini ada dua bagian yakni FTP Client dan FTP Server keduanya memiliki perbedaan tersendiri. FTP Server merupakan pemberi layanan dalam hal pengiriman atau tukar data ke FTP Client tersebut. Sementara itu FTP Client merupakan perangkat yang bakal meminta pengiriman atau tukar data kepada FTP Server. Dengan adanya FTP Backup Transfer ini akan memberikan kemudahan dalam pengiriman data atau file. Selain itu juga akan membantu dalam pengamanan dengan melakukan backup seperti diatas tadi. Dengan mengetahui Cara Backup cPanel via FTP Backup Transfer tersebut pastinya anda akan lebih jeli dalam memprotect data hosting web anda dan tidak akan takut kehilanga data atau file yang ada.


Best Regards,
Distributor Hosting

Was this answer helpful?

 Print this Article

Also Read

Cara Membuat Redirect Domain dengan Htaccess

Pada pembahasan kali ini, mengenai Cara Membuat Redirect Domain atau website. Pembuatan Redirect...

Cara Backup Data Hosting

Tutorial kali ini akan membahas tentang Cara Backup Data Hosting di cPanel. Membackup data sebuah...

Cara Membuat SubDomain

Apa itu SubDomain? Sub-domain merupakan salah satu bagian dari nama domain utama/induk. Cara...

Cara Membuat Addon Domain

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi perihal Cara Membuat Addon Domain, ada baiknya kita...

Cara Membuat Aliases Domain atau Parked Domain

Parked Domain atau juga dikenal luas dalam dunia Web Hosting sebagai Aliases Domains, Parked...