Cara Import Database MySQL di phpMyAdmin

Database MySQL memang memiliki peranan penting dalam sebuah website, ada yang menyebutnya bahwa database MySQL ini menjadi komponen utama. Pasalnya setiap informasi yang ada pada website tersebut di kontrol dan di susun dengan baik pada database tersebut. Untuk kesempatan kali ini artikel akan membahas Cara Import Database MySQL di phpMyAdmin yang bisa anda simak pada ulasan kali ini. Jika website tersebut akan di sebarkan untuk publik maka maka localhost sudah tidak diperlukan lagi. Namun anda harus membutuhkan hosting untuk penyimpanan data tersebut, jika sebelumnya sudah berada di localhost dan akan pindah ke hosting maka harus menggunakan cara import database MySQL di phpMyAdmin tersebut.

Syarat melakukan pindahan dari localhost ke hosting ini anda harus memiliki file dengan format atau akstensi .sql. file tersebut merupakan hasil pengambilan dari database sebelumnya yang akan di pindahkan ke hosting. Nah sekarang kita akan mengulas bagaimana Cara Import Database MySQL di phpMyAdmin, caranya sebagai berikut:

Login ke cPanel
Seperti tutorial sebelumnya yang masih berhubungan dengan cPanel sebagai control panelnya maka anda dalam langkah pertama harus “Login ke cPanel” menggunakan akun yang adan miliki.

Import Database MySQL

 

Pilih Menu phpMyAdmin
Setelah masuk ke cPanel anda selanjutnya masuk ke menu phpMyAdmin dengan meng-klik menu “phpMyAdmin”. Jika sebelumnya belum muncul menu tersebut anda bisa melakukan pencariannya lebih dulu dengan mengetikan phpMyAdmin pada kolom pencarian.
 

phpMyAdmin


Cari File SQL
Untuk langkah ketiga ini anda cari dan siapkan file SQL yang memiliki ekstensi .sql. seperti contoh gambar di bawah ini.

 

Import Database MySQL


Pilih Menu Import Didalam phpMyAdmin
Langkah selanjutnya dalam Cara Import Database MySQL di phpMyAdmin anda masuk pada menu Import pada dashboard phpMyAdmin, setelah masuk di menu Import anda tinggal memasukan file SQL tadi. Caranya dengan klik tombol “Choose File”. Dengan begitu database bakal menyimpan file yang suda di eksport tadi.

 

Import Database MySQL


Jika langkah-langkah Cara Import Database MySQL di phpMyAdmin sudah anda lakukan hingga tahap akhir maka kalian tinggal menenunggu konfirmasi bahwa data import sudah berhasil. Dengan begitu anda tidak akan kawatir lagi file data informasi web bakaal hilang saat melakukan pemindahan dari localhost ke hosting. Pastinya sebelum melakukan import database tersebut kalian lakukan eksport database, untuk caranya bisa anda cari di website ini. Untuk cara caranya juga hampir sama dengan Import Database. Cara Import Database MySQL di phpMyAdmin tersebut merupakan salah satu fitur bagus dari phpMyAdmin demi memudahkan anda dalam memiliki beberapa website atau komputer tanpa bingung membuat database baru.

Demikian tadi artikel tentang cara melakukan import database MySQl yang cukup mudah.

  • 910 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Cara Membuat Name Server Sendiri

Tutorial kali ini tentang Cara Membuat Name Server menggunakan domain sendiri melalui kotrol...

Cara Membuat SubDomain

Apa itu SubDomain? Sub-domain merupakan salah satu bagian dari nama domain utama/induk. Cara...

Cara Membuat Addon Domain

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi perihal Cara Membuat Addon Domain, ada baiknya kita...

Cara Membuat Aliases Domain atau Parked Domain

Parked Domain atau juga dikenal luas dalam dunia Web Hosting sebagai Aliases Domains, Parked...

Cara Membuat Redirect Domain dengan Htaccess

Pada pembahasan kali ini, mengenai Cara Membuat Redirect Domain atau website. Pembuatan Redirect...