Cara Merubah Versi PHP di cPanel

PHP yang menjadi salah satu bahasa yang cukup dikenal di kancah developer web, Biasanya PHP ini banyak di gunakan untuk server side language. Pertama kali PHP ini di perkenalka pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf. PHP ini juga masih memiliki kaitannya dengan cPanel, pasalnya setiap versi PHP yang keluar untuk keadaan hosting juga harus mengikuti perkembangan tersebut. Dengan begitu anda harus mengetahui Cara Merubah Versi PHP di cPanel untuk menyesuaikan kondisi hosting.

Kondisi tersebut biasa terjadi dalam website, seperti contoh saat ini anda yang sudah menggunakan PHP versi 5.5 dan sedangkan website anda kurang mendukung dan performanya tidak stabil. Nah dengan Cara Merubah Versi PHP di cPanel tersebut akan mengatasi masalahnya. Dengan begitu anda yang masih awam untuk cara tersebut sebaiknya simak artikel ini hingga akhir.

Login ke cPanel
Langkah awal yang harus anda lakukan dengan login ke cPanel lebih dulu.
 

PHP Selector


Pilih Menu Select PHP Version
Nah untuk langkah selanjutnya anda masuk ke menu “Select PHP Version” yang ada pada dalam dashboard cPanel. Jika belum ada kalian tinggal car dengan mengetik select PHP version di kolom pencarian. Fungsi dari Select PHP Version ini akan membantu anda untuk merubah versi PHP melalui cPanel.

PHP Selector

 

Merubah Versi PHP
Setelah masuk di menu Select PHP Version pastinya akan di arahkan lagi ke PHP Selector, jika sudah masuk pada tahap ini anda tinggal menyesuaikan versi PHP. Caranya anda sesuaikan PHP hosting degan versi PHP website yang akan dikembangkan. Jika kalian masih bingung anda bisa melihat gambar dibawah ini untuk panduan.

PHP Selector

 
Cek Versi PHP
Ditahap terakhir ini dalam Cara Merubah Versi PHP di cPanel sebenarnya sudah selesai, namun untuk memastikan anda bisa lihat versi PHP sudah berubah apa belum. Jika sudah berubah akan seperti tampilan di bawah ini.

PHP Selector

 
Saat ini versi PHP sudah ada beberapa versi yang sudah melalui perubahan, untuk versi pertamanya yakni 4.4, 5.1, 5.2, 5.3 | 5.4, 5.5, 5.6, 7.0,7.1 dan yang terbaru untuk saat ini yakni PHP 7.2. Dengan banyaknya perubahan tersebut membuat kita menyesuaikan PHP hosting dengan versi PHP website terbaru dengan Cara Merubah Versi PHP di cPanel seperti cara diatas tadi.

Jika sudah melakukan penyesuaian versi PHP tersebut maka website anda akan berjalan dengan baik. Hal ini akan memberikan fitur yang lebih baik dan membuat web hosting anda memiliki performa yang lebih bagus dibandingkan dengan sebelumnya. Semoga dengan Cara Merubah Versi PHP di cPanel yang sudah di ulas diatas tadi akan memberikan wawasan dan membantu anda untuk masalah penyesuaian versi PHP.

  • 4528 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Cara Membuat Name Server Sendiri

Tutorial kali ini tentang Cara Membuat Name Server menggunakan domain sendiri melalui kotrol...

Cara Membuat SubDomain

Apa itu SubDomain? Sub-domain merupakan salah satu bagian dari nama domain utama/induk. Cara...

Cara Membuat Addon Domain

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi perihal Cara Membuat Addon Domain, ada baiknya kita...

Cara Membuat Aliases Domain atau Parked Domain

Parked Domain atau juga dikenal luas dalam dunia Web Hosting sebagai Aliases Domains, Parked...

Cara Membuat Redirect Domain dengan Htaccess

Pada pembahasan kali ini, mengenai Cara Membuat Redirect Domain atau website. Pembuatan Redirect...