Cara Membuat Redirects Domain di cPanel

Kejadian yang sering di alami saat browsing dan masuk dalam salah satu URL yang dimana saat di buka masih membuka URL lainnya. Nah kejadian tersebut memang sudah di atur oleh pemilik web dengan Cara Membuat Redirects Domain di cPanel. Harus anda ketahui redirect domain tersebut merupakan salah satu cara membuat subdomain untuk mengarahkan ke dalam website atau URL yang lain. Biasanya cara tersebut digunakan untuk mengakses URL panjang dengan melalui URL yang pendek tersebut.

Selain itu dengan menggunakan Redirect Domain akan membantu pengunjung gampang masuk ke URL kita yang panjang. Dengan memasukkan URL pendek tersebut pengunjung sudah bisa masuk. Untuk mengatur redirect domain tersebut kita menggunakan Cara Membuat Redirects Domain di cPanel yang bakal di ulas pada artikel di bawah ini.

Login ke cPanel
Dalam membuat redirect domain ini anda yang menggunakan cPanel pastinya anda lebih dulu harus Login ke cPanel.

Login cPanel

 

Masuk ke Menu Redirect
Setelah anda masuk di halaman utama cPanel, maka selanjutnya anda pilih bagian Domain dan dilanjutkan dengan masuk ke menu redirect. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar tutorial di bawah ini.

Redirects Domain

 

Add Redirect
Untuk bagian Add Redirect ini anda sudah mulai tahap awal dalam melakukan cara membuat redirects domain di cPanel. Pasalnya anda akan menambahkan redirect yang anda inginkan, caranya dengan memilih Type dari Permanent atau Temporary dan sebaiknya anda pilih dengan Permanen. Untuk lebih jelasnya kita akan mengulas satu persatu dari kedua pilihan tersebut.

  • Permanent : Untuk pilihan Permanent tersebut akan menetapkan pilihan anda jika URL yang sudah anda setting tersebut akan mengarah ke URL lainnya.
  • Temporary : Sedangkan dari pilihan Temporary ini anda sebagai pengunjung akan mendapat pemberitahuan terlebih dahulu jika URL yang di telusuri sudah pindah ke URL yang baru.


Mengisi URL Awal
Nah selanjutnya anda disarankan untuk memasukkan URL awal yang bakal di redirect domain tersebut. Di situ nanti juga akan banyak pilihan dengan daftar beberapa URL dari website anda, namun anda juga bisa memilih “All Public Domains” agar semuanya secara bersamaan menerima redirect domain.

Redirects Domain

 

Mengisi URL Tujuan
Setelah mengisi URL Awal yang akan di redirect maka selanjutnya anda juga harus mengisi URL yang menjadi tujuan redirect tersebut. Jika kalian masih bingung dimana kolom yang akan di isi maka anda bisa melihat gambar tutorial dibawah ini.

Redirects Domain

 

Menambah Redirect
Untuk menambahkan URL yang bakal dilakukan redirect ini anda bisa menggunakan Redirects Domain tersebut dengan klik tombol Add. Namun sebelumnya anda juga mengisi URL tujuan. Jika anda sudah berhasil melakukan Cara Membuat Redirects Domain di cPanel maka akan ada pemberitahuan seperti gambar dibawah ini. Setelah itu klik tombol Go Back agar anda bisa kembali ke halaman awal. Jika redirect tersebut sudah berhasil maka anda bisa mengeceknya dengan daftar dari “ Current Redirect”.


Dengan melakukan Cara Membuat Redirects Domain di cPanel seperti tutorial yang sudah di ulas diatas tadi. Dengan begitu URL yang panjang bakal mudah untuk di telusuri oleh para pengunjung website anda tersebut.

  • 370 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Cara Membuat Name Server Sendiri

Tutorial kali ini tentang Cara Membuat Name Server menggunakan domain sendiri melalui kotrol...

Cara Membuat SubDomain

Apa itu SubDomain? Sub-domain merupakan salah satu bagian dari nama domain utama/induk. Cara...

Cara Membuat Addon Domain

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi perihal Cara Membuat Addon Domain, ada baiknya kita...

Cara Membuat Aliases Domain atau Parked Domain

Parked Domain atau juga dikenal luas dalam dunia Web Hosting sebagai Aliases Domains, Parked...

Cara Membuat Redirect Domain dengan Htaccess

Pada pembahasan kali ini, mengenai Cara Membuat Redirect Domain atau website. Pembuatan Redirect...