Cara Pasang Hotlink Protection di cPanel

Apakah anda sudah tau dengan apa yang dimaksud dengan Hotlink Protection? Bagi anda yang belum tau untuk pengertian secara umum Hotlink Protection merupakan sebuah pelindungan untuk konten yang kita miliki. Hotlink merupakan pencuri banwith atau tautan inline, sedankan Protection merupakan sebuah pelindungan. Jika Hotlink Protection ini di terapkan ke websiten dengan Cara Pasang Hotlink Protection di cPanel maka konten seperti gambar atau file akan lebih aman dari orang yang akan menggunakan tanpa ijin Anda.

Dengan menggunakan fitur Hotlink Protection dari cPanel tersebut juga bisa untuk meminimalisasi penggunaan banwith yang terlalu berlebihan. Jika kalian masih penasaran untuk Cara Pasang Hotlink Protection di cPanel maka anda sebaiknya pelajari tutorialnya di bawah ini:


Login ke cPanel
Login merupakan langkah awal yang anda lakukan untuk masuk ke menu cPanel dan untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Login cPanel

 

Masuk ke Halam Utama
Setelah masuk ke cPanel maka anda menuju ke halaman utama untuk mencari menu “Security”, selanjutnya pilih “Hotlink Protection”.

Hotlink Protection

 

Konfigurasi Hotlink Protection
Jika sudah masuk di Hotlink Protection maka anda akan di berikan daftar website yang merupakan daftar dari domain yang di izinkan file atau kontenya untuk di akses orang lain. Namun jika anda tidak ingin konten anda di akses atau di ambil orang lain maka bisa menghapusnya seperti contoh di gambar tutorial berikut ini.

Hotlink Protection

 

Masukkan ekstensi file
Untuk langkah selanjutnya dalam cara pasang Hotlink Protection di cPanel tersebut anda di suruh untuk memasukkan ekstensi file yang akan dilindungi. Disitu nanti akan muncul sebuah checkbox  yang menentukan apakah anda mengizinkan bahwa orang lain akan membuat direct link ke file yang ada di website anda tersebut.

Hotlink Protection

 

Masukkan Alamat URL
Selanjutnya anda memasukkan alamat URL tersebut ke kolom yang sudah tersedia, hal tersebut jika user yang meminta file dari website anda tersebut akan secara otomatis menerima redirect. Jika sudah paham dan mengisi URL silahkan klik tombol “Submit”.

Hotlink Protection

 

Jika sudah melakukan tahapan dari Cara Pasang Hotlink Protection di cPanel seperti diatas maka anda akan menerima pemberitahuan jika sukses mengaktifkan fitur Hotlink Protection. Klik tombol “Go Back” jika ingin kembali ke halaman utama. Jika anda sudah tidak perlu untuk menjaga file anda tersebut maka anda bisa meng nonaktifkan Hotlink Protection dengan klik tombol “Disable”. Dengan adanya fitur Hotlink Protection tersebut akan sangat membantu anda dalam mengamankan file atau konten yang ada di website anda.


Nah demikian tadi ulasan terkait Cara Pasang Hotlink Protection di cPanel yang bisa anda terapkan di website anda tersebut.

  • 132 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Cara Membuat Name Server Sendiri

Tutorial kali ini tentang Cara Membuat Name Server menggunakan domain sendiri melalui kotrol...

Cara Membuat SubDomain

Apa itu SubDomain? Sub-domain merupakan salah satu bagian dari nama domain utama/induk. Cara...

Cara Membuat Addon Domain

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi perihal Cara Membuat Addon Domain, ada baiknya kita...

Cara Membuat Aliases Domain atau Parked Domain

Parked Domain atau juga dikenal luas dalam dunia Web Hosting sebagai Aliases Domains, Parked...

Cara Membuat Redirect Domain dengan Htaccess

Pada pembahasan kali ini, mengenai Cara Membuat Redirect Domain atau website. Pembuatan Redirect...