Cara Merubah Password cPanel Melalui cPanel

Cara Merubah Password cPanel merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui oleh setiap pemilik hosting. Sebuah password, di media apapun itu, merupakan hal yang sangat penting bagi setiap pemiliknya. Dengan menggunakan password yang tepat, Anda bisa mengakses website atau media lainnya dan kemudian melakukan posting atau perubahan lainnya. Keberadaan password ini tentu sangat penting dan rahasia. Karena apabila sampai password Anda diketahuioleh orang lain, kemungkinan besar akun atau website Anda akan diakses orang lain yang tidak bertanggung jawab. Orang tersebut akan sangat mungkin akan melakukan penyalah gunaan, termasuk pembajakan, penipuan, danlain sebgaainya yang merugikan Anda.

Melihat pentingnya menjaga kerahasiaan sebuah password, sangat dianjurkan bagi Anda untuk membuat password yang sulit diingat dan dilacakoleh para hacker. Salah satunya adalah dengan membuat password dengan menggunakan kombinasi huruf, angka, dan bahkan symbol – symbol tertentu. Selain itu, sangat direkomendasikan pula untuk melakukan penggantian password secara berkala.Hal ini bertujuan untuk mencegah para hacker mendapatkan cukup waktu untuk meretas username dan password Anda serta kemudian menyalah gunakan website Anda atau mengakibatkan kerugian lainnya bagi Anda.

Untuk itu, sangat penting untuk Merubah Password cPanel Anda secara teratur. Tidak perlu khawatir akan sulitnya proses perubahan password ini.Karena Anda bisa melakukannya dengan mudah dengan mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

Login cPanel

Login cPanel



Akses Menu pada Preferences
Temukan menu Preferences pada halaman utama cPanel Anda. Saat mengarahkan kursor ke bagian inik, Anda akan menemukan beberapa menu utama pengaturan. Pilih dan klik tombol Password & Security yang merupakan salah satu pilihan dalam menu tersebut.

Change Password cPanel

 

Lengkapi Data pada Change Password
Kemudian, teruskan dengan memilih atau meng-klik menu Change Password. Pada halaman ini, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa Anda harus memilih password yang aman untuk meningkatkan keamanan. Selain itu, pemberitahuan bahwa perubahan password juga akan menghilangkan sesi terakhir. Selanjutnya, Anda diwajibkan untuk mengisi data untuk Merubah Password cPanel. Data – data tersebut terdiri dari password lama (old password), password baru (new password) yang akan Anda gunakan, serta pengulangan password yang baru (yang harus sama) untuk meyakinkan bahwa Anda telah mengisi password dengan benar.

Pada bagian bawah, Anda juga akan melihat seberapa kuatkah password baru yang Anda buat. Sehingga apabila kurang kuat, Anda bisa mengubah beberapa bagian agar lebih kuat atau tidak mudah ditebak. Setelah Anda yakin bahwa data yang dimasukkan sudah benar, klik Change Your Password Now (yang berarti Ubah Passwrod Anda Sekarang) di bagian kiri bawah halaman tersebut. Sehingga proses penggantian password akan segera dimulai. Setelah menunggu beberapa saat, Anda akan mendapatkan notifikasi selanjutnya yang menyatakan apakah proses penggantian password telah berhasil dilakukan atau belum.

Change Password cPanel

 

Jadi, cukup ikuti beberapa langkah mudah di atas ketika Anda ingin Mengganti Password cPanel Anda yang lama dengan yang baru. Setelah mengganti password, pastikan Anda telah mengingat password baru yang telah Anda ajukan. Bila perlu, simpan Salinan password baru tersebut di tempat rahasia agar Anda bisa melihatnya ketika lupa dengan password baru tersebut. Setelah beberapa waktu kemudian, Anda mungkin perlu melakukan perubahan password cPanel Anda kembali untuk menjamin keamanannya.

  • 3916 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Cara Membuat Name Server Sendiri

Tutorial kali ini tentang Cara Membuat Name Server menggunakan domain sendiri melalui kotrol...

Cara Membuat SubDomain

Apa itu SubDomain? Sub-domain merupakan salah satu bagian dari nama domain utama/induk. Cara...

Cara Membuat Addon Domain

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi perihal Cara Membuat Addon Domain, ada baiknya kita...

Cara Membuat Aliases Domain atau Parked Domain

Parked Domain atau juga dikenal luas dalam dunia Web Hosting sebagai Aliases Domains, Parked...

Cara Membuat Redirect Domain dengan Htaccess

Pada pembahasan kali ini, mengenai Cara Membuat Redirect Domain atau website. Pembuatan Redirect...