Cara Mengatasi Email Masuk Spam

Berikut cara mengatasi masalah pengiriman email agar tidak masuk ke folder spam/junk ke Gmail dan Yahoo atau mailserver lain.

 
Pertama
Mengaktifkan DKIM dan SPF, Login ke cPanel » Email Deliverability
Kalau di Distributor Hosting fitur ini sudah otomatis Enable.
 
Kedua
Login ke cPanel » Advanced DNS Editor
Cari TXT record berisi SPF record sbb, dan tambahkan bagian text yang bold saja:
"v=spf1 +a +mx +ip4:xxx.xxx.xxx.xxx a:spf.domiankamu.com ~all"
 
Ketiga
Mengaktifkan SMTP pada website.
 
Keempat
Menggunakan Dedicated IP + rDNS.
 
 
Ada beberapa faktor yang menyebabkan email masuk spam, diantaranya:
  1. IP Server masuk daftar Blacklist - Silahkan cek di https://mxtoolbox.com/blacklists.aspx Jika IP Server yang Anda gunakan terblacklists, segera Hubungi Kami.
  2. Terjerat Konten Filter – Menulis subject "Singkat", "Huruf Besar" atau kata-kata "Jorok" kemungkinan besar email Anda akan masuk ke folder spam, karena tersaring oleh konten filter.
  3. Filter Alamat Email Ini berfungsi sebagai penyaring email yang ingin dan tidak diinginkan oleh pemiliki email tersebut. Apabila Anda mengalami email sering masuk spam, bisa jadi bahwa email Anda selalu ditolak oleh penerima email tersebut.
  4. Reputasi Domain Buruk - Email masuk spam bisa disebabkan oleh reputasi domain Anda yang kurang baik, domain pernah digunakan untuk kegiatan-kegiatan spam.
 
Semoga membantu :)
  • 1270 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Email Tidak Dapat Mengirim dan Menerima Pesan

Apakah Anda mengalami masalah tidak bisa mengirim dan menerima email disemua akun email atau ke...